17
May
08

Membuat komponen di Joomla

Menjawab banyak pertanyaan dari teman-teman termasuk comment seorang teman di sini, sepertinya suatu kehormatan bagi saya untuk bisa sedikit menghentakkan keyboard di sini 😛 . Saya bukanlah seorang programmer handal, akan tetapi saya mungkin bisa sedikit membantu teman-teman yang memiliki problem dalam membuat suatu komponen di Joomla. Mungkin bahasa saya kurang bisa dimengerti, jadi silahkan kursus lagi bahasa planet..eh, maksudnya saya mohon maaf karena saya kurang bisa menyusun puisi..(halah..) 😀

Hal terpenting untuk suatu komponen di Joomla adalah memiliki file XML yang menentukan bagaimana komponen tersebut harus diintegrasikan ke dalam sang CMS. Sebagai contoh, anggaplah kita akan membuat sebuah komponen Joomla bernama “Data Pegawai” yang berfungsi untuk memasukkan dan menampilkan data-data pegawai. Untuk itu file XML-nya dapat dibuat seperti ini:

1<?xml version=”1.0″ encoding=”iso-8859-1″?>
2<mosinstall type=”component” version=”1.0.0″>
3 <name>Data_Pegawai</name>
4 <author>Adhie Utomo</author>
5 <creationDate>March 2008</creationDate>
6 <copyright>(C) 2008 Fightmaster Thinking. All rights reserved.</copyright>
7 <license>Fightmaster Thinking</license>
8 <authorEmail>jagoanz@gmail.com</authorEmail>
9 <authorUrl>http//fightmaster.wordpress.com</authorUrl>
10 <version>1.0.0</version>
11 <description>Komponen untuk memasukkan dan menampilkan data pegawai</description>
12 <administration>
13 <menu>Admin Pegawai</menu>
14 <submenu>
15 <menu act=”insert”>Insert Pegawai</menu>
16 </submenu>
17 <files>
18 <filename>admin.insertpegawai.php</filename>
19 </files>
20 </administration>
21 <files>
22 <filename>datapegawai.php</filename>
23 <files>
24</mosinstall>

Ok, mari kita telusuri file ini..jangan lupa siapkan pisang goreng di samping mouse anda. Jadi kalau bosan baca tulisan ini bisa makan pisang goreng dulu biar virus bosannya luntur hehe 😀 . Mari kita lihat file di atas. Untuk baris 1, sudah nggak bisa dipungkiri bahwa itu adalah penjelasan bahwa ini adalah suatu format data XML versi 1.0 yang menggunakan jenis encoding iso-8859-1. Tag <mosinstall type=”component” version =”1.0.0″> merupakan suatu inisialisasi yang menunjukkan bahwa obyek yang akan diinstall adalah sebuah komponen. Sedangkan baris 3 s/d 11 adalah informasi mengenai komponen yang akan diinstall.

Tag <administration> berisi menu-menu ataupun file-file yang hanya dapat diakses dari halaman administrator. Seluruh tag yang berada dalam tag ini, seperti <files>, <menu>, dll, hanya bisa di akses melalui halaman administrator. Pada contoh di atas, file yang perlu menggunakan hak akses administrator adalah admin.insertpegawai.php sedangkan menu aksesnya adalah Admin Pegawai dengan sub menu insert pegawai. Parameter act=”insert” digunakan untuk memanggil fungsi tertentu pada file tersebut apabila menu diklik. Sedangkan tag <files> berikutnya, yang berada di luar tag administration, berisi file-file yang bisa diakses oleh publik sebagai perwakilan komponen bersangkutan, dalam contoh adalah file datapegawai.php. Dan..selesai sudah file XML untuk komponen yang akan kita install. Enaknya dinamakan apa ya? O iya…..diberi nama datapegawai.xml saja lah… 😛

Selanjutnya yang perlu dibuat adalah file admin.insertpegawai.php dan datapegawai.php . File-file ini dibuat seperti membuat file-file PHP pada umumnya. Kedua file ini kemudian dipackage dalam bentuk ZIP bersama dengan file datapegawai.xml di atas, misalnya diberi nama datapegawai.zip.

OK, selesai sudah…file datapegawai.zip tersebut kini siap untuk diinstalkan ke Joomla,…wuahhh…laper neh. Makan dulu ahhh.. 🙂


11 Responses to “Membuat komponen di Joomla”


  1. 4 August 2008 at 15:19

    Mas, bisa download contoh komponen Joomla “Data Pegawai” ini ga…. ??
    Komponen untuk Joomla versi yang terbaru seperti ini juga ya?
    Thanks

  2. 2 Adhie
    11 August 2008 at 22:25

    @Rukma: Untuk joomla versi terbaru belum sempat aku coba terapin ke sana. Dicoba aja pake XML yang ini. Waduh…untuk komponen yang “data pegawai” ini aku belum buat komponennnya coz tuh nama komponen cuman ngarang aja. Intinya cuman di XML aja coz yang jadi permasalahan sebenarnya kan install ke Joomla-nya. Program PHPnya sama aja kayak buat program PHP yang lain. Begitu mbak Rukma.
    Salam kenal ya. makasih dah mampir 😀

  3. 16 September 2008 at 0:09

    Wah bosh! ane coba buat komponen nya, ternyata gagal pada proses instalasinya di joomla. Mungkin butuh file pendukung yang lainnya kali ya! ane mengharapkan keikhlasan mas adhie tux posting versi lengkapnya dari komponen datapegawai yang Mas maksud. Ok! Thanks

  4. 3 April 2009 at 14:53

    mas kalau buat komponen yang bisa input data gimana…eh ya mas ini saran aja
    gimana kalau contohnya kalau ngasi jngn tanggung…buat aja contoh yang kecil2 aja tapi bisa didownload para pengunjung..key lam kenal aja dari saya…mas bisa belajar php gak ini kalau ia nti kita sharing di email saya ni mas…hrmc_roday@yahoo.com

  5. 5 Landa
    3 July 2009 at 9:26

    Iya nich error!

    Error! Could not find a Joomla! XML setup file in the package.

    Mohon pencerahannya….kox gak ada reply sma sekali dari pembuatnya ya?? lagi puyeng……mohon segera di pertanggung jawabkan…^^

    • 6 Adhie
      3 July 2009 at 15:37

      Dear All, file XML ini saya buat tanggal 07 may 2008 yang masih menggunakan Joomla versi 1.2x, saat ini Joomla telah merelease versi 1.5x yang metode MVCnya telah disempurnakan. Saya sedang mempelajari Joomla 1.5x ini sambil mempelajari pula apakah file XML di atas dapat diterapkan di Joomla 1.5x. Sebenarnya ada plug-in System Legacy pada Joomla 1.5.x untuk mengatasi compatibilitas komponen, modul, dan plug-in Joomla versi sebelumnya. Bagi teman-teman yang telah lebih maju dalam mempelajari Joomla 1.5x saya mohon kesediaannya untuk sharing di sini atau di blog masing-masing.

      Buat Landa, Roday, Yayan..terima kasih telah mengingatkan saya untuk terus mendalami ilmu ini melalui comment2 anda. Mohon bersabar untuK informasi lebih jauh tentang Joomla terbaru. Apabila saya masih terbelakang dalam hal ini, mohon kesediaannya untuk sharing di sini…Sekali lagi, Terima kasih dan salam kenal buat semuanya

  6. 30 July 2009 at 21:47

    http://www.vojtechovsky.net/joomla/component-helloworld-tutorial-guide-en.html
    ^untuk 1.5

    saya juga lagi belajar bikin komponen sendiri ..
    berhubung .. nyari nyari di gugle .. kyk nyari jarum di tumpukan jerami –”

    btw kalo ada info mengenai situs yg menyediakan download untuk komponen joomla .. mohon pencerahannya ya ..
    terima kasih sebelumnya ..

    nice article u have here 🙂

  7. 20 October 2009 at 9:17

    kang…. klo buat brouse file gmn???

  8. 11 djack
    12 August 2010 at 0:48

    om minta tulung, gimana membuat data atlit kaya di web koni.or.id
    saya coba pake CB, tp masih bingung… tolong dong om master


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


Yahoo Messenger: adioncyber


Twitter

Kategori

May 2008
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

RSS Post Terbaru

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Maps

RSS IPTEK

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Pages


%d bloggers like this: