22
Apr
08

Rubrik Konsultasi dan Opini di Joomla

Beberapa hari ini, waktu tidur saya kurang banget. Tight-deadline yang disediakan membuat saya memilih membuat website mereka dengan bantuan Joomla saja. Namun ternyata pilihan itu juga bukan pilihan yang bisa menyelesaikan masalah waktu. Tuntutan klien untuk menampilkan beberapa fitur yang component-nya tidak tersedia, membuatku dengan ikhlas memberikan keuntungan lebih pada pedagang rokok dan mie goreng di samping kantor :-) . Belum lagi klien yang notabene bukan orang-orang yang mengerti IT ini dengan mudahnya melakukan complaint dan meminta tambahan fitur-fitur baru tanpa merubah deadline.

Dari sekian fitur yang diminta, 2 di antaranya adalah rubrik konsultasi dan rubrik opini. Susah sekali mencari fitur ini di internet. Beberapa extension yang saya ambil dari http://extension.joomla.org ternyata juga tidak bisa sesuai dengan business process yang diinginkan. Modifikasi beberapa extension yang saya download dari sana seperti easyguestbook, Jambook, Fireboard, dll. ternyata malah membuat coding di website yang saya buat jadi berantakan dan tidak teratur karena extension-extension tersebut penggunaanya memang bukan untuk itu, tetapi untuk aplikasi guestbook dan forum. Jika dipaksakan untuk aplikasi yang lain justru lebih mempersulit.

Akhirnya saya putuskan untuk membuat (baca: coding) sendiri component untuk aplikasi konsultasi dan opini di Joomla. Setelah menghabiskan banyak gulungan tembakau dan keritingan mie (halah… :-P ), sang Joomla pun dengan tersenyum bisa menerima install-an komponen konsultasi dan opini yang saya buat. Dan hari ini, website itu di-launching. Alhamdulillah..tanpa sepengetahuan pedagang rokok dan mie goreng yang beruntung tadi, dia telah mendukung suksesnya launching website saya.

Di sini saya ingin berbagi komponen ini kepada yang membutuhkan. meskipun tidak seindah yang diharapkan, tetapi saya harap dapat sedikit membantu mengurangi jumlah programmer yang susah mencari komponen konsultasi dan opini untuk Joomla.

Download component konsultasi
Download component Opini

44 Responses to “Rubrik Konsultasi dan Opini di Joomla”


  1. 1 finofelino
    10 May 2008 at 22:53

    wew, mas saya dah lama banget pengen belajar buat komponen. kira2 mulai nya darimana ya mas?

    saya sich dah buat aplikasi yang saya butuh kan. dari input datanya edit, delete dan tampilnya. berikut tabel2 di mysqlnya dah saya buat .

    nah integrasi in ke joomla nya itu gimana ya? pa da tutor yg mudah dicerna?

    oh ya thx buat com nya. tak coba dulu

  2. 2 fightmaster
    12 May 2008 at 1:37

    Okay mas finofelino, saya sedang menyiapkan tutornya sesimple mungkin untuk bisa diposting di blog ini. Mohon sabar ya..
    By the way, thanx udah bersedia nengok blogku :-P

  3. 3 andree
    6 August 2008 at 12:53

    mas komponennya ga bisa di download

  4. 4 Adhie
    11 August 2008 at 22:33

    @andree: komponen yang mana nih mas? sudah saya cek lagi, bisa kok.

  5. 5 andree
    13 August 2008 at 11:02

    component konsultasi/component Opini ga bisa di download linknya ga bisa ke buka not found mas adhie mohon petunjuk mas saya perlu nie

  6. 6 Adhie
    13 August 2008 at 20:59

    @andree: Sekarang udah bisa kan? selamat mencoba dan mengembangkan. Jangan lupa juga bagi2 ilmunya kalo ada teknik baru. OK.

  7. 7 eko
    24 October 2008 at 13:38

    Mas, komponen dua2nya nggak bisa didownload. Help me

  8. 3 November 2008 at 12:02

    @eko : Coba periksa browsernya mas, siapa tau pop-upnya di-blocked

  9. 9 sely
    20 January 2009 at 13:48

    thanks banget ada yg share komponen. apapun hasil dan tampilannya buat aku yg penting tuh komponen jalan/stable. DONLOT LANCAR2 aja, tapi sorry belum sempat tak install, masih nanggung. setahuku hanya komponen pooling and survey yang ada, eeEEEee ada yg bikin Konsultasi and opini wah HEBAT eeee. kebetulan aku di Badan Diklat, so ke-2 komponent tsb aku yakin pasti sangat bermanfaat. moga Tuhan YME memberikan keberkahan ilmu, amal yang tiada putusnya (selalu di update lebih bagus lagi, so sampe kiamat/ajal menjemput pun amal masih mengalir). Berapa harga amal shaleh ?

  10. 27 January 2009 at 23:12

    @sely: makasih ya atas apresiasinya terhadap modul-modul ini. Tapi modul-modul ini tentunya masih jauh dari sempurna. Mohon kiranya untuk ikut andil menyempurnakannya dan memberikan masukan dan kritik kepada saya apabila ada yang kurang atau ada error pada program. Salam kenal

  11. 11 franklin
    13 February 2009 at 19:10

    Thanks a lot! Komponennya berhasil dijalankan. Kebetulan gw lagi cari komponen Konsultasi. Maju terus, n sukses selalu!!!

  12. 13 coy..
    26 February 2009 at 8:24

    Slm.. asik browsing buat blajar joomla, eh,malah nyasar di tempat fightmaster, ak masih baru [hehehe] cara aktifkan di joomla gimana mas?

    • 14 Adhie
      17 March 2009 at 10:48

      Thnx…coy. Belajar yang semangat untuk mengejar ketertinggalan kita dengan bangsa lain di bidang teknologi

  13. 15 wawan
    6 March 2009 at 10:18

    Terima kasih atas idenya, teruslah berkarya. Saya hargai karya Anda dan yakin bermanfaat sekali untuk kami-kami yang baru belajar joomla. Insya Allah pasti mendapat pahala, karena telah mengamalkan ilmu. Alhamdulillah.

    • 16 Adhie
      17 March 2009 at 10:47

      @wawan: saya juga masih terus belajar mas. Saya sangat senang pa bila kita bisa saling sharing…mohon bantuannya untuk menginformasikan apabila ada kekurangan.

  14. 17 abu reza
    17 April 2009 at 5:56

    Mas untuk modulnya belum ada ya?

    • 18 Adhie
      22 April 2009 at 9:36

      kenapa musti pake modul ya mas?? bukankah sebaiknya pake komponen aja. Mohon masukannya yang mungkin bisa membenahi pola pikir saya…

  15. 14 May 2009 at 19:19

    met kenal mas ato pak ya, he he he. saya gaptek. pengetahuan ttg web nol. tpi masalah jaringan inet/wilan sedikit banyak bisa. kemaren saya pesen web ama domainnya. tpi setelah pesen ternyata aku bingung. bagaimana cara masuk, cara mbenahi, apa aku harus instal program, andai instal program apa yg hrus tak instal, bener2 gak mudeng aku. coba aja web saya di lihat. he he he masih mangkrak. gimana ya pak aku harus memulainya. kemaren dri hostingnya aku minta pake joomla trus disuruh milih temlate. ya itu toq. mau ngedit juga ndak tau piye carane. maaf ya pak, aku cerita nglantur. mungkin dari sekian pengunjung disini hanya aku yg gaptek kebangeten begini. makaciiiihhh atas bantuane tengkiyuuuuu

    • 20 Adhie
      18 May 2009 at 14:18

      Met kenal jga mas roni. Cukup panggil saya dengan (Mas) Adhie aja. Maaf saya lama ga online, jadi baru bisa akses blog saya hari ini.
      Web mas rony sudah saya lihat. Bagus banget mas…designnya keren abis. Kalo mas ronny pake joomla, biasanya pada joomla yang masih default(belum diapa2in programnya) untuk bisa mengubah isi dalam web, mas ronny bisa mengakses ke http://%5Bdomain_joomla%5D/administrator , jadi kalo untuk web mas rony bisa diakses di sini
      User name dan password untuk admin bisa mas ronny tanyakan pada penyedia domain dan hosting yang menginstallkan joomla pada web anda.
      Mudah2an cukup membantu ya mas…

  16. 21 Hendra
    2 July 2009 at 11:44

    Terima kasih byk mas atas sharenya…mudh2an ilmunya namabah juga yaah…:)
    Ini sangat bermanfaat buat org byk…
    salam

  17. 6 September 2009 at 21:23

    Alhamdulillah ini yang saya cari ,,, terima kasih banyak mas, semoga sukses

  18. 24 Sandy
    8 September 2009 at 11:06

    Mas, Kalo ingin ngubah kategori nya gimana ya, misalkan agama saya rubah jadi litbang. trims

    • 25 Adhie
      28 October 2009 at 10:08

      sorry baru reply, bisa langsung ke databasenya untuk ngedit kategorynya. Tapi kalo mo dikembangkan dengan modul ber-combobox juga bisa. Untuk komponen saya ini belum ada fasilitas untuk mengganti kategori secara dinamis

  19. 26 robani
    15 October 2009 at 8:36

    Mas kalo yang versi untuk joomla 1.5 nya ada ga ya? nih komponen bagus banget,sayangnya saya pake joomla 1.5 sekarang

    • 27 Adhie
      28 October 2009 at 10:10

      saya sudah coba komponen ini untuk diinstall ke Joomla 1.5, dan ternyata bisa. Akan tetapi anda harus mengubah System Legacy dari defaultnya (false) menjadi true

  20. 1 December 2009 at 14:08

    di website saya malah ga bisa diinstal… selalu muncul error begini:
    Parse error: syntax error, unexpected $end in /home/ptapadan/public_html/administrator/includes/pcl/pclzip.lib.php on line 106
    kenapa ya?

    • 29 Adhie
      13 January 2010 at 23:12

      @Adil : coba cek kelengkapan instalasi joomla-nya. Perhatikan juga versinya. Component ini saya buat saat masih menggunakan versi 1.2. Kalo menggunakan versi 1.5, pastikan System Legacy dalam posisi On

  21. 7 January 2010 at 9:55

    Mat Kenal Mas, Maksih ya atas componentnya,

  22. 32 sely
    8 January 2010 at 9:04

    waktu itu sih (tahun kemarin) dah saya insatall komponen 2tsb. dan saya coba-coba isi, namun kelihatannya sebatas isi comment aja. yaaa mirip shoutbox jadinya. tapi waktu itu sih. sejak maret 2008 lagi konsen e-learning moodle. joomla belum ta terusin … ada yg share … di joomla ada sourcer. memudahkan untuk menambah script html/php pada joomla … tapi soory belum sempat back to joomla. tuk jadi pinter memang butuh proses. TA ADA JALAN PINTAS TUK JADI PINTAR, Kecuali Belajar (Trial and error). Sukses selalu bang and semuanya !

    • 33 Adhie
      13 January 2010 at 23:08

      @sely : Makasih masukannya ya. Saya juga masih perlu banyak belajar. Salam kenal ya. Wah, boleh tuh bagi2 ilmu tentang moodle. Keep contact ya…boleh tau blognya?

  23. 15 April 2010 at 16:57

    Menggunakan joomla memungkinkan ga untuk user/pengunjung meng upload sendiri? Pakai program apa dan bagaimana caranya??
    Cara bikin form registrasi untuk user biar formnya sesuai dengan data2 yang diburuhkan gimana caranya??
    Makasih…

    • 35 Adhie
      17 July 2010 at 1:20

      1. memungkinkan. bisa dengan component, atau cukup dengan modul aja.
      2. form registrasi yang sudah ada dimodif aja componentnya lalu sesuaikan querynya dengan database (table) yang udah dimodifikasi

  24. 22 April 2010 at 3:47

    Mas Adhie, izin download ya….:) tx

  25. 37 elhsilv
    4 May 2010 at 13:49

    Ikut unduh mas… Makasih…

  26. 27 May 2010 at 11:35

    Hallo pak.. manstab sekali nih tutorialnya boleh gak saya ikut belajar. Ini permintaan beneran lho..salam kenal ya kalo ada kesempatan boleh chating donk untuk tukeran informasi.

  27. 7 March 2011 at 7:56

    wah bagus banget kayak gini yang cari mas…terima kasih,tapi lebih baik klo ada penjelasan step by step mas soalnya masih newbie….

  28. 5 February 2013 at 11:31

    gan bisa kirimin ke email gak ?
    link nya udah mati soalx gan… >.<
    lagi butuh soalx

  29. 27 March 2013 at 10:10

    komponen yang bagus..sayang link nya gak ada lagi mas..b isa tolong diupload lagi…atau via email. terima kasih.


Leave a Reply

Yahoo Messenger: adioncyber


Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Kategori

April 2008
M T W T F S S
« Feb   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Maps

Pages


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

